Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Jadi Penjamin Kredit Petani

Kompas.com - 09/03/2012, 02:35 WIB

Jombang, Kompas - Budidaya tanaman pangan mulai mengadopsi konsep perkebunan dalam pembiayaan. Mulai tahun 2012, Perum Bulog melakukan terobosan dengan menjadi penjamin atau avalis bagi petani padi dalam mengakses kredit ke perbankan.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso, Kamis (8/3), di Jombang, Jawa Timur, mengatakan, tidak saja sebagai avalis, tetapi Bulog juga sekaligus sebagai pembeli produksi dengan kontrak.

Dengan menjadi avalis, petani diharapkan tidak akan kesulitan dalam mengakses kredit dengan suku bunga lunak. Bagi Bulog sendiri, ada jaminan kepastian pasokan beras ke Bulog langsung dari petani.

Sutarto mengatakan, ada tiga konsep yang dikembangkan Bulog dalam mengoptimalkan pengadaan beras dalam negeri dan mulai berjalan tahun ini. Konsep pertama, Bulog memberikan dukungan input sarana produksi, seperti biaya pengolahan lahan, bibit, pupuk, dan obat- obatan dengan berbagai skema.

Selanjutnya, setelah panen, petani menjual gabahnya ke Bulog dengan kesepakatan di awal. Program ini mirip dengan Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K).

Program kedua adalah korporat. Bulog menyewa sendiri sawah, lalu menggarap sendiri. Hasilnya sepenuhnya masuk ke Bulog.

Ketiga, Bulog tampil sebagai avalis dan pembeli. Caranya, Bulog dengan dinas pertanian daerah, Kontak Tani Nelayan Andalan atau Gabungan Kelompok Tani, dan perbankan bekerja sama memudahkan petani mengakses kredit, terutama kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE) dengan suku bunga lunak.

Petani yang mengajukan kredit KKPE mendapat jaminan dari Bulog. Untuk selanjutnya, gabah petani dijual ke Bulog. ”Tahun ini, targetnya keseluruhan 104.000 hektar,” katanya.

Intensifkan pengadaan

Sutarto mengatakan, selain melakukan berbagai program itu, Bulog juga mengintensifkan pengadaan beras dari dalam negeri, dengan ikut memproses gabah menjadi beras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com