Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Pastikan Aceh Kondusif Jelang Pilkada

Kompas.com - 04/03/2012, 18:14 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan memastikan bahwa kondisi Aceh jelang pilkada kondusif dan aman. Komitmen menjalankan pilkada damai dinilai menjadi hal positif untuk mendukung situasi kondusif Aceh.

Hal ini dikatakan Kapolda Aceh usai mengikuti pertemuan dengan Pejabat Gubernur Aceh dan calon pasangan gubernur-wakil gubernur serta unsur muspida plus Aceh, yang berlangsung di Meuligoe Gubernur Aceh, Minggu (4/3/2012).

"Secara umum kondisi keamanan di Aceh kondusif dan tidak akan menganggu pelaksanaan pilkada yang akan datang," ujar Kapolda.

Menurut Kapolda, kemungkinan kerawanan keamanan di Aceh sealu ada, bukan hanya menjelang pikada. "Situasi Aceh saat ini memang sangat kompleks. Pascatsunami, konflik dan keinginan untuk membuat perubahan selalu menjadi peluang rawan tindak kriminal, namun untuk itu polisi selalu berusaha keras meminimalisir kerawanan-kerawanan tersebut dan kerja ini tentu akan lebih ringan jika masyarakat pun bisa menjaga lingkungannya dengan baik," jelas Kapolda.

Terkait dengan beberapa insiden kriminal yang menimpa beberapa tim sukses beberapa pasangan calon gubernur-waki gubernur, Kapolda mengatakan, pihaknya terus melakukan penyelidikan.

"Langkah-langkah penyidikan sudah dilakukan. Memang ada kendala, yakni kesaksian. Sangat sulit mencari saksi untuk sebuah kasus. Untuk itu kami juga memohon jika masyarakat memang menyaksikan sebuah kejadian, bisa langsung melapor ke polisi. Tidak perlu takut karena polisi akan memberi jaminan keamanan kepada si pelapor," katanya.

Ia mengatakan, polisi juga akan berusaha segera mengungkap dalang dan pelaku terhadap beberapa aksi kriminal bersenjata yang terjadi di Aceh sejak Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com