Eko Menang Telak di Bangka

Kompas.com - 28/02/2012, 17:00 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorAgus Mulyadi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Calon petahana dalam pemilihan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Eko Maulana Ali, menang telak di Bangka. Di empat dari lima kabupaten/kota di pulau itu, Eko mendapatkan 118.220 suara sah.

Sampai dengan Selasa (28/2/2012) sore, KPU empat kabupaten/kota di Pulau Bangka menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur.

Kemenangan telak Eko tercatat di Kabupaten Bangka, tempat ia menjadi bupati selama dua periode. Di Bangka, ia mengumpulkan 47.704 suara dari 108.834 suara sah.

Sementara di Bangka Barat, calon yang diusung Golkar, PDI Perjuangan, dan PKS itu mendapat 25.401 dari 79.442 suara sah. Adapun di Bangka Selatan, calon yang menggandeng Rustam Effendi itu mendapatkan 26.394 dari 73.849 suara sah.

Eko menggenapi perolehan suara dengan meraup 18.721 suara di Pangkal Pinang.

Sementara tiga pasangan lain, mendapat suara total jauh di bawah Eko-Rustam. Zulkarnain Karim-Darmansyah Husein mendapatkan total 86.379 suara di empat kabupaten/kota di Pulau Bangka. Sementara Yusron Ihza-Yusroni Yazid dan Hudarni Rani-Justiar Noer masing-masing mendapat 32.472 suara dan 49.729 suara sah dari empat kabupaten/kota di Pulau Bangka.

Empat pasangan itu tinggal menunggu rekapitulasi dari Kabupaten Bangka Tengah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.