Tiga Jenderal Bertarung di Aceh

Kompas.com - 11/02/2012, 18:30 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Tiga purnawirawan jenderal TNI dipastikan akan ikut meramaikan pesta pemilihan umum kepala daerah di Aceh 2012. Mereka bersiap untuk bergabung sebagai tim sukses salah satu calon partai politik atau pasangan calon kepala daerah di Aceh.

Mereka adalah Mayor Jenderal (Purn) Sunarko, Mayjend Djali Yusuf, dan Mayjend Sulaiman AB. "Pak Sunarko sudah mendeklarasikan diri, sedangkan Pak Sulaiman dan Pak Djali Yusuf belum. Tapi, beliau-beliau (Sulaiman dan Djali Yusuf) sudah ada di sini," ungkap Kepala Penerangan Daerah Militer Iskandar Muda Kolonel Subagio Irianto, Sabtu (11/2/2012).

Sunarko dan Djali Yusuf adalah mantan Panglima Kodam Iskandar Muda. Sulaiman adalah mantan Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam Iskandar Muda.

Sunarko telah menyatakan diri bergabung dengan Partai Aceh untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf.

Namun demikian, tegas Subagio, keterlibatan tiga mantan jenderal itu tak terkait dengan institusi TNI. "Tak pernah ada instruksi kepada ketiganya untuk terlibat. Itu pilihan pribadi mereka. Kodam Iskandar Muda akan tetap netral. Kami juga mengistruksikan agar semua prajurit TNI di Kodam Iskandar Muda tak mendukung mereka atau memberi bantuan fasilitas apa pun. Prajurit TNI ketika sudah purnawirawan sama dengan masyarakat sipil lainnya," tandas Subagio.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X