Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Jenderal Bertarung di Aceh

Kompas.com - 11/02/2012, 18:30 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Tiga purnawirawan jenderal TNI dipastikan akan ikut meramaikan pesta pemilihan umum kepala daerah di Aceh 2012. Mereka bersiap untuk bergabung sebagai tim sukses salah satu calon partai politik atau pasangan calon kepala daerah di Aceh.

Mereka adalah Mayor Jenderal (Purn) Sunarko, Mayjend Djali Yusuf, dan Mayjend Sulaiman AB. "Pak Sunarko sudah mendeklarasikan diri, sedangkan Pak Sulaiman dan Pak Djali Yusuf belum. Tapi, beliau-beliau (Sulaiman dan Djali Yusuf) sudah ada di sini," ungkap Kepala Penerangan Daerah Militer Iskandar Muda Kolonel Subagio Irianto, Sabtu (11/2/2012).

Sunarko dan Djali Yusuf adalah mantan Panglima Kodam Iskandar Muda. Sulaiman adalah mantan Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam Iskandar Muda.

Sunarko telah menyatakan diri bergabung dengan Partai Aceh untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf.

Namun demikian, tegas Subagio, keterlibatan tiga mantan jenderal itu tak terkait dengan institusi TNI. "Tak pernah ada instruksi kepada ketiganya untuk terlibat. Itu pilihan pribadi mereka. Kodam Iskandar Muda akan tetap netral. Kami juga mengistruksikan agar semua prajurit TNI di Kodam Iskandar Muda tak mendukung mereka atau memberi bantuan fasilitas apa pun. Prajurit TNI ketika sudah purnawirawan sama dengan masyarakat sipil lainnya," tandas Subagio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com