Burung Migran Memperkaya Fauna di TN Wasur

Kompas.com - 06/02/2012, 20:00 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MERAUKE, KOMPAS.com — Aneka jenis burung migran menambah kekayaan fauna di Taman Nasiona l Wasur, Merauke, Provinsi Papua.

Aneka jenis burung yang bermigrasi dari belahan bumi di bagian utara ke selatan dan sebaliknya setiap tahun, selalu singgah di TN Wasur Merauke sehingga burung-burung itu pun telah menjadi bagian dari kekayaan alam TN Wasur.   

Banyak orang lebih mengenal Taman Nasional Wasur karena kangurunya. Kanguru itu satu bagian dari kekayaan TN Wasur.

"Sebenarnya TN Wasur adalah satu garis flyway yakni daerah singgah migrasi burung dari Siberia ke Australia. Wasur ini adalah tempat singgah burung-burung yang bermigrasi itu," ungkap Dadang Suganda, Kepala Balai Taman Nasional (TN) Wasur Merauke, di Merauke, Papua, Senin (6/2/2012).

Dadang menyatakan, pihaknya belum mengetahui persis berapa jenis burung yang biasa singgah di TN Wasur dalam perjalanan migrasi setiap tahun itu. Balai TN Wasur, sejauh ini telah memasang cincin di 14 jenis burung, yang sebagian besar adalah dari keluarga angsa.

Migrasi burung dari Australia ke utara yang berlangsung saat datangnya musim dingin di Australia, juga menjadikan TN Wasur tempat transit. Salah satunya adalah jenis burung pelikan.

"Saat migrasi itu, paling banyak singgah ke TN Wasur pada bulan Agustus-November," ujarnya.

Bulan Agustus-November kawasan hutan dan rawa di TN Wasur adalah surga bagi berbagai jenis burung migran. Alam TN Wasur menyediakan sumber makanan melimpah, terutama ikan. Saat musim kemarau rawa-rawa di kawasan TN Wasur surut, sehingga berbagai jenis ikan lebih mudah ditangkap.

Tidak hanya sebagai tempat singgah, TN Wasur bahkan telah menjadi tempat berkembang biak dan habitat baru. Ada yang menetap dan berkembang biak di TN Wasur, misalnya burung kirik-kirik. 

Taman Nasional Wasur seluas 413.810 hektar, terbentang di tiga distrik, yakni Sota, Naukenjerai, dan Merauke, di Kabupaten Merauke. Gerbang masuk TN Wasur, tak terlalu jauh dari pusat kota Merauke, hanya 19 kilometer, atau hanya 20 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.