Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Migran Memperkaya Fauna di TN Wasur

Kompas.com - 06/02/2012, 20:00 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Aneka jenis burung migran menambah kekayaan fauna di Taman Nasiona l Wasur, Merauke, Provinsi Papua.

Aneka jenis burung yang bermigrasi dari belahan bumi di bagian utara ke selatan dan sebaliknya setiap tahun, selalu singgah di TN Wasur Merauke sehingga burung-burung itu pun telah menjadi bagian dari kekayaan alam TN Wasur.   

Banyak orang lebih mengenal Taman Nasional Wasur karena kangurunya. Kanguru itu satu bagian dari kekayaan TN Wasur.

"Sebenarnya TN Wasur adalah satu garis flyway yakni daerah singgah migrasi burung dari Siberia ke Australia. Wasur ini adalah tempat singgah burung-burung yang bermigrasi itu," ungkap Dadang Suganda, Kepala Balai Taman Nasional (TN) Wasur Merauke, di Merauke, Papua, Senin (6/2/2012).

Dadang menyatakan, pihaknya belum mengetahui persis berapa jenis burung yang biasa singgah di TN Wasur dalam perjalanan migrasi setiap tahun itu. Balai TN Wasur, sejauh ini telah memasang cincin di 14 jenis burung, yang sebagian besar adalah dari keluarga angsa.

Migrasi burung dari Australia ke utara yang berlangsung saat datangnya musim dingin di Australia, juga menjadikan TN Wasur tempat transit. Salah satunya adalah jenis burung pelikan.

"Saat migrasi itu, paling banyak singgah ke TN Wasur pada bulan Agustus-November," ujarnya.

Bulan Agustus-November kawasan hutan dan rawa di TN Wasur adalah surga bagi berbagai jenis burung migran. Alam TN Wasur menyediakan sumber makanan melimpah, terutama ikan. Saat musim kemarau rawa-rawa di kawasan TN Wasur surut, sehingga berbagai jenis ikan lebih mudah ditangkap.

Tidak hanya sebagai tempat singgah, TN Wasur bahkan telah menjadi tempat berkembang biak dan habitat baru. Ada yang menetap dan berkembang biak di TN Wasur, misalnya burung kirik-kirik. 

Taman Nasional Wasur seluas 413.810 hektar, terbentang di tiga distrik, yakni Sota, Naukenjerai, dan Merauke, di Kabupaten Merauke. Gerbang masuk TN Wasur, tak terlalu jauh dari pusat kota Merauke, hanya 19 kilometer, atau hanya 20 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com