Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bang Yos Sedih Transjakarta Tak Berkembang

Kompas.com - 02/02/2012, 13:15 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kemacetan di Jakarta bertambah tahun menjadi bertambah parah. Langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Bahkan, bus transjakarta yang ditargetkan menjadi moda transportasi massal yang representatif juga dinilai kurang berhasil.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, mengungkapkan kesedihannya karena langkah penguraian kemacetan berupa bus transjakarta tidak berkembang lagi. Selama tiga tahun, dia telah mampu menyelesaikan tujuh koridor dan tiga koridor sisanya hanya tinggal melengkapi armada dan sopir.

"Tiga koridor itu yakni Koridor VIII hingga Koridor X itu tinggal nambah armada dan sopir aja. Sudah tinggal meneruskan yang belum saya selesaikan intinya," kata Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso, ketika berkunjung ke Kompas TV, Kamis (2/2/2012).

Namun sayangnya, selama pemerintahan Fauzi Bowo, bus transjakarta hanya bertambah satu koridor pada tahun 2011 lalu, yaitu Koridor XI (Kampung Melayu-Pulo Gebang) dengan dilengkapi 44 bus gandeng. Kemudian pada tahun 2012 ini, rencananya Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok) akan segera dioperasikan.

"Kalau begitu, hanya dua koridor saja selama lima tahun pemerintahan. Padahal, mestinya 15 koridor bisa selesai kalau fokus," tutur Bang Yos.

Dia juga mengakui bahwa koridor-koridor bus transjakarta yang sudah ada sekarang seolah tidak mendapatkan perawatan maksimal sehingga masyarakat menjadi enggan untuk naik bus transjakarta dan kembali lagi ke kendaraan pribadi.

"Ya, memang harus ada maintenance. Apa pun itu harus ada perawatan. Mau moda transportasi, mau jalan, mau jembatan, itu semua butuh perawatan. Tapi itu sepertinya tidak dilakukan," ungkapnya.

Dijumpai pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar menjelaskan, pihaknya terus berbenah agar pelayanan terhadap masyarakat semakin membaik. Rencananya pada tahun ini, pembaharuan bus transjakarta Koridor II (Pulo Gadung-Harmoni) dan Koridor III (Harmoni-Kali Deres) akan segera dilakukan melalui lelang.

"Untuk Koridor I yang memang sudah mulai banyak bermasalah akan segera diganti. Tahun ini rencananya ada 144 bus gandeng yang akan diluncurkan. Dapat untuk mengganti yang di Koridor I juga," kata Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com