Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Kendaraan Menumpuk di Pusat Kota Yogya

Kompas.com - 01/01/2012, 12:46 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Tepat di awal tahun 2012, Minggu (1/1/2012( ini, ribuan kendaraan tumpah ruah di pusat Kota Yogyakarta. Seluruh ruas jalan yang mengarah ke pusat kota macet karena dipadati ribuan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Penumpukan kendaraan membuat petugas kepolisian kewalahan mengatur lalu lintas.

Kemacetan terlihat antara lain di Jalan Mangkubumi dari arah Tugu menuju Malioboro, Jalan Malioboro, Jalan Trikora, Jalan KH Ahmad Dahlan, dan Jalan Senopati. Akibat padatnya kendaraan, terjadi penumpukan arus kendaraan di perempatan titik nol kilometer Kota Yogyakarta.

Petugas kepolisian di pos pengamanan Kantor Pos Besar Yogyakarta kewalahan mengatur lalu lintas yang menumpuk di perempatan tersebut. Para pengendara sebagian besar nekat menerobos lampu maupun rambu-rambu lalu lintas.

Pengamatan Kompas, kemacetan di Malioboro dan sekitarnya terjadi sejak menjelang Natal lalu. Polisi pun memberlakukan sistem buka tutup di putaran ujung Jalan Mataram. Jika Malioboro sudah sangat padat, pengendara yang datang dari arah Pasar Kembang dilarang memutar menuju Malioboro, tetapi harus terus ke Kota Baru dan Stadion Kridosono untuk selanjutnya masuk Malioboro melalui Jalan Mangkubumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com