Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Juara Unity Cup

Kompas.com - 29/12/2011, 04:56 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Persebaya menjadi juara pada laga persahabatan bertajuk Unity Cup di Gelora 10 November, Kota Surabaya, Rabu (28/12) malam. Kemenangan ini diraih setelah tim ”Bajul Ijo” menekuk klub sepak bola asal Malaysia, Kelantan FC, dengan skor 3-2.

Dalam pertandingan yang disaksikan sekitar 27.900 penonton ini, tuan rumah tampil menekan sejak babak pertama dimulai. Andik Vermansyah dan kawan-kawan terus mendominasi permainan sehingga menciptakan banyak peluang. Akan tetapi, pertahanan Malaysia yang dijaga kiper Khairul Fahmi bin Che Mat tidak mudah ditembus.

Persebaya bisa mencetak gol pada menit ke-15. Gol ini tercipta berkat kerja sama dengan pemain tengah Rendi Irawan yang memberikan umpan silang ke depan. Andik Vermansyah yang berada di depan segera menyambar bola itu sehingga timnya memimpin 1-0. Dominasi Persebaya terus berlangsung, tetapi sejumlah peluang tidak berhasil dieksekusi dengan baik.

Memasuki babak kedua, Kelantan mengambil inisiatif serangan. Memanfaatkan kelengahan pemain belakang Persebaya, pada menit ke-3, Mohamed Mahmoud berhasil melesakkan tendangan ke arah gawang. Tendangan itu membentur tiang, tetapi Norshahrul Idlan bin Tahala berada di posisi yang tepat sehingga bisa menyambar bola muntah dan mencetak gol, 1-1.

Posisi seri ini bertahan sekitar 20 menit. Kedua tim mencoba menembus jantung pertahanan lawan, tetapi selalu gagal. Hingga pada menit ke-65, Feri Ariawan berhasil merobek gawang Kelantan, dan Persebaya pun kembali memimpin 2-1. Keunggulan ini memompa semangat Persebaya. Mereka terus menyerang. Akhirnya pada menit ke-72, Otavio Dutra semakin memperkuat kedudukan menjadi 3-1.

Di sisi lain, upaya pemain Kelantan mengejar ketertinggalan tidak berhasil. Sejumlah peluang emas tidak berbuah gol. Namun, pada menit ke-90, Indra Putra Mahiyuddin berhasil mencetak gol untuk timnya. Sayang, hasil itu tidak mengubah keadaan, dan Persebaya pun memenangi pertandingan dengan skor 3-2.

Dengan kemenangan ini, Persebaya keluar sebagai pemenang Unity Cup. Sebab, pada laga sebelumnya di Stadion Sultan Mohamed IV, Kelantan, Malaysia, Jumat (23/12), Persebaya berhasil bermain imbang 1-1.

Pelatih Persebaya Divaldo Alves menilai anak asuhnya bermain fantastis selama 90 menit. Mereka bermain konsisten sehingga tim yang bermain kali ini ia nilai sebagai tim dengan komposisi terbaik. ”Ini bisa menjadi dream team,” ujarnya.

Pelatih Kelantan Peter James Butler kecewa dengan penampilan pemainnya yang bermain terlalu bertahan. Ia juga kecewa karena tidak bisa meraih kemenangan. Akan tetapi, dia menilai permainan Kelantan lebih baik daripada Persebaya.

(ARA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com