Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Dermaga Nanganio Terkendala Soal Ulayat

Kompas.com - 28/11/2011, 22:04 WIB
Samuel Oktora

Penulis

ENDE, KOMPAS.com -- Pembangunan tahap awal Dermaga Niaga di Nanganio, Desa Watu Kamba, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, belum dapat dilaksanakan karena mengalami penolakan dari masyarakat adat.

Sejumlah mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Ende berunjuk rasa menentang pembangunan dermaga itu, Senin (28/11/2011), di halaman kantor Bupati Ende.

"Pemda telah mengabaikan hirarki dan struktur masyarakat adat. Ada hak ulayat yang tidak diindahkan oleh pemda, dalam hal ini Mosalaki Puu yang belum dilibatkan. Namun pada bulan Desember 2011 ternyata sudah diagendakan peletakan batu pertama," kata Ketua GMNI Cabang Ende, Tasnim Pong.

Bupati Ende Don Bosco M Wangge, saat berdialog dengnan pengunjuk rasa di ruang kerjanya, menjelaskan bahwa peletakkan batu pertama dermaga niaga sudah terjadwal. Karena dalam pertemuan pada 22 Januari 2011 telah diperoleh kesepakatan antara pemda dengan masyarakat dan tokoh adat setempat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ende Abraham Badu menyatakan, pemda akan kembali mengadakan pertemuan dengan seluruh masyarakat dan tokoh adat di Watu Kamba pada 7 Desember guna mencegah riak-riak penolakan dari masyarakat.

Abraham mengemukakan, survei dan penetapan lokasi sudah dilaksanakan dengan menggunakan dana APBD Provinsi NTT. Sedangkan dana pembangunan dermaga itu berasal dari APBN.

"Dermaga niaga ini sebagai salah satu pintu masuk untuk kelancaran barang dan jasa di wilayah utara Flores," kata Abraham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com