Banjir Genangi Pasar Johar Semarang

Kompas.com - 16/11/2011, 17:44 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

SEMARANG, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah, selama 30 menit, Rabu (16/11/2011) ini, menyebabkan kawasan Pasar Johar banjir.

Air yang menggenangi kawasan itu menimbulkan kerugian bagi pedagang karena harus menutup lapak lebih cepat dari biasanya.

Air setinggi 15-30 sentimeter menggenangi jalan serta sebagian dalam pasar. Hampir semua pedagang di sisi utara Pasar Johar menutup lapaknya dan memindahkan barang-barang mereka.

Driyono, pedagang kacamata dan buku tulis, memilih pulang lebih cepat dengan mengemasi barang milik mereka ke dalam tas.

"Setiap kali hujan deras, di sini pasti banjir dan surutnya lama sekali," kata Driyono.

Banjir juga berdampak pada arus lalu lintas yang menimbulkan kemacetan. Sejumlah kendaraan seperti motor dan mobil mengalami mesin mati setelah mencoba menerobos genangan air.

Di sisi lain, banjir di kawasan tersebut juga memberikan rezeki bagi pengemudi becak untuk membawa penumpang menyeberangi air tanpa takut basah.

Beberapa hari sebelumnya, sejumlah alat berat telah mengeruk gorong-gorong untuk mengantisipasi banjir langganan di Pasar Johar. Namun, usaha tersebut belum berjalan maksimal untuk mengurangi dampak kerugian yang lebih besar lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.