Roda Belakang Lion Air Terbenam di Ujung Landasan

Kompas.com - 23/10/2011, 11:00 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Roda belakang pesawat Lion yang berjumlah empat buah ambles 15 cm di run end safety (area untuk keselamatan jika pesawat mendarat lebih dari panjang landasan pacu).

"Hanya roda belakang yang terbenam 15 cm. Aspal di run end safety itu memang lebih lunak dibandingkan dengan landasan pacu sehingga jika ada pesawat mendarat lebih jauh dari landasan, pasti roda belakangnya terbenam di area itu," kata Indrata, Airport Duty Manager Bandara Sepinggan. 

Terpisah, Pelaksana Tugas General Manager PT Angkasa Pura Cabang Bandara Sepinggan Tulus Pujiyono mengatakan, Lion Air 673 dari Tarakan tidak tergelincir, tetapi berhenti melebihi landasan (over run) karena landasan licin saat pesawat mendarat pukul 07.27 Wita.

Untuk diketahui, landasan pacu Bandara Sepinggan panjangnya 2.500 meter, dengan tambahan over runway sepanjang 90-an meter. Area ini merupakan perpanjangan landasan yang memang diperlukan jika pesawat mendarat melebihi panjang landasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.