Debit Air Rawa Biru Menyusut

Kompas.com - 10/10/2011, 20:32 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

MERAUKE, KOMPAS.com — Debit air Rawa Biru di Taman Nasional Wasur, Merauke, Papua, selama musim kemarau ini menyusut. Meski demikian, kondisi tersebut belum sampai memengaruhi pasokan air bersih bagi warga Merauke.

Rawa biru saat ini menjadi sumber air bersih utama bagi perusahaan air minum daerah setempat, PT Wedu Merauke. Perusahaan air minum itu menyedot air Rawa Biru sekitar 90.000 meter kubik per bulan. Air bersih dari Rawa Biru itu dialirkan kepada 3.412 pelanggan di Merauke dengan jaringan pipa sepanjang 62 kilometer.

"Pada kemarau ini bisa dipastikan debit air Rawa Biru menyusut, tetapi kami belum mengukur detail sejauh mana penurunan debit air rawa biru. Namun, itu tidak sampai mengganggu suplai air bersih untuk warga Merauke. PT Wedu Merauke sampai saat ini masih beroperasi rutin menyedot air," ungkap Syaiful Anwar, Kepala Seksi Pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Wasur.

Syaiful menuturkan, debit Rawa Biru dipengaruhi daerah aliran sungai (DAS) yang berada di sekitarnya, yaitu DAS Maro dan DAS Sakiramke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.