PT Vale Indonesia Komitmen Tingkatkan Produksi

Kompas.com - 10/10/2011, 14:09 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

MAKASSAR, KOMPAS.com- Manajemen PT Vale Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan produksi nikel di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dari 73.000 metrik ton menjadi 90.000 metrik ton per tahun. Langkah tersebut untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan seluas 118. 000 hektar yang ada di Sulsel.

Murilo Ferreira, CEO PT Vale, pemilik saham terbesar PT Vale Indonesia, mengemukakan, pihaknya ingin mendorong akselerasi pengelolaan lahan tambang di Sorowako yang baru mencapai 6.000 hektar selama 30 tahun terakhir.  

"Dalam lima tahun ke depan, produksi akan kami genjot agar eksploitasi nikel lebih optimal," ungkap Murilo seusai bertemu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Senin (10/10/2011), di Makassar. Ia juga berjanji untuk memerhatikan kelestarian lingkungan dan mendorong peran serta masyarakat di sekitar kawasan pertambangan.

PT Vale Indonesia juga berkomitmen penuh untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan di Sulsel. Hal itu ditunjukkan dengan pelepasan lahan seluas 28.000 hektar yang meliputi empat kawasan di Sulawesi Tenggara tahun lalu. "Kami lebih memilih fokus menggarap areal pertambangan di Sulsel," kata Murilo.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyambut baik komitmen tersebut. Namun, ia berharap manajemen baru di bawah kepemimpinan Murilo mengedepankan keterbukaan sehingga tercipta koordinasi yang baik dengan Pemprov Sulsel. " Kali ini saya ingin Pemprov Sulsel dan PT Vale bersinergi demi kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan tambang," katanya.

Apabila kondisi tersebut tidak terwujud, Pemprov Sulsel tidak akan menyetujui penambahan luas lahan dalam kontrak karya PT Vale Indonesia yang berakhir pada tahun 2025. Mereka (PT Vale Indonesia) juga harus serius menggenjot pengelolaan lahan karena sudah ada beberapa investor yang sanggup bekerja lebih cepat, ujar Syahrul.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.