Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNEP Memuji Remaja Indonesia

Kompas.com - 27/09/2011, 22:45 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com -- Direktur Eksekutif United Nations Environment Programme (UNEP) Achim Steiner memuji remaja Indonesia yang peduli terhadap kelestarian lingkungan berkelanjutan. Banyak kompetisi di bidang lingkungan menunjukkan komitmen dan kepedulian Indonesia terhadap lingkungan berkelanjutan.

"Mereka menakjubkan. Ketika saya melihat mereka menanam pohon di hutan kota, saya merasa puas. Tanamlah pohon di mana pun untuk menjaga alam," kata Steiner, Selasa (27/9/2011) sore, di sela acara Tunza International Children and Youth Conference on The Environment di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Jawa Barat.           

Tunza International Children and Youth Conference berlangsung sejak 27 September sampai 1 Oktober 2011. Sebanyak 1.400 peserta yang terdiri dari anak-anak dan remaja mengikuti konferensi yang memberi pengetahuan mengenai green economy. Ini merupakan konferensi yag pertama kalinya dengan menggabungkan anak-anak dan remaja. Wakil Presiden Budiono membuka konferensi yang diikuti 150 negara itu.

Steiner mengatakan, sebagian besar peserta telah mengetahui mengenai isu-isu lingkungan termasuk green economy sehingga tidak perlu memberi pemahaman dasar kepada peserta. "Kami berharap mereka bisa mendapat pemahaman yang lebih dalam dan merasa lebih kuat untuk memberikan kampanye lingkungan berkelanjutan," tuturnya.

Tunza Indonesia 2011 akan menentukan posisi anak-anak dan remaja dalam Rio+20, yaitu Rio Earth Summit di Brasil pada tahun depan. Steiner mengungkapkan pada Rio Earth Summit tahun 1992, banyak anak-anak dan remaja yang belum lahir. Kini, mereka sudah mengerti tentang berbagai isu lingkungan. "Di masa mendatang, merekalah yang harus menjaga alam ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com