Kapal Ikan Tenggalam, Dua ABK Hilang

Kompas.com - 27/09/2011, 14:52 WIB
EditorMarcus Suprihadi

LARANTUKA, KOMPAS.com- Sebuah kapal ikan tenggelam di perairan tiga pulau dekat dengan Desa Lewotobi, Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Senin (26/9/2011) dinihari tadi, sekitar pukul 04.00 wita.

Dari nakhoda dan 9 ABK, 8 orang selamat, dan dua ABK, yakni Dayat Bakrim dan Bernadus Wato sampai hari ini, Selasa (27/9) belum ditemukan.

"Kapal ikan ini menghadapi cuaca buruk. Saat kejadian terjadi gelombang besar, dan bodi kapal terdapat kebocoran. Air laut banyak yang masuk ke dalam kapal. Kapal lalu oleng dan tenggelam," kata Kepala Kepolisian Resor Flores Timur Ajun Komisaris Besar Eko Kristianto, Selasa, yang dihubungi dari Ende, Flores.

Ketika kapal tenggelam, nakhoda dan ABK berlompatan ke laut menyelamatkan diri, tapi Dayat berada di kamar mesin, sedangkan Bernadus masih tertidur. Nakhoda dan 7 ABK yang lain dapat ditolong oleh kapal nelayan setempat.

Jajaran kepolisian dan TNI beserta nelayan setempat dalam pencarian belum mampu menemukan Dayat dan Bernadus, diperkirakan keduanya terjebak di dalam kapal.

Penyelam lokal sebenarnya telah menemukan titik posisi kapal tenggelam, tapi mereka belum mampu menjangkau bangkai kapal tersebut di dasar laut, selain karena ketiadaan tabung oksigen, juga arus bawah laut di lokasi sangat keras.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.