Gunung Marapi Kembali Keluarkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 20/09/2011, 21:11 WIB
EditorAgus Mulyadi

PADANG, KOMPAS.com - Guguran abu vulkanik kembali dikeluarkan Gunung Marapi di Sumatera Barat pada hari Selasa (20/9/2011), dalam dua kali letusan kecil yang tercatat.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Marapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Warseno, di Kota Bukittinggi,  mengatakan, semburan abu vulkanik itu mencapai sejumlah nagari di Kabupaten Agam dan Kota Padangpanjang.

Namun semburan abu vulkanik itu tidak sampai mengganggu kegiatan warga setempat.

Afrizal (42), salah seorang petani sayuran di Jorong Simpang Tigo, Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Puar, Kabupaten Agam, saat dihubungi pada hari yang sama mengatakan, abu tidak mengganggu karena disapu hujan deras yang mengikuti setelah semburan.

"Setelah ada abu vulkanik pasti ada hujan lebat, sehingga tidak berpengaruh untuk warga ataupun bagi sayur-sayuran yang ditanam petani," kata Afrizal.

Ia menambahkan, semburan abu vulkanik seperti itu sudah terjadi dalam sepekan terakhir.    

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.