Lukisan Bupati Kendal Laku Rp 10 Juta

Kompas.com - 09/09/2011, 11:45 WIB
EditorKistyarini

KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal Widya Kandi Susanti memiliki bakat terpendam, melukis. Sebuah lukisan bunga karyanya terjual dengan harga Rp 10 juta dalam sebuah pameran yang digelar di eks gedung bioskop Boja, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (8/9/2011).

Pembeli lukisan yang dibuat hanya dalam waktu 1 jam itu dibeli seorang pengusaha asal Semarang dalam pameran lukisan bertajuk "Geliat Manikam" yang digelar pada 6 hingga 10 September 2011.

"Namun pembukaannya dilakukan oleh Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, pada hari Rabu, 7 Agustus 2011," jelas Budiyono.

Budi menambahkan, saat membuka pameran lukisan,Widya sempat melukis bunga pada selembar kanvas berukuran 50x50 cm yang disiapkan panitia. "Lukisan dibeli oleh pengusaha asal Semarang yang tidak mau disebut namanya," kata Budiyono.

Pameran itu sendiri diikuti 25 perupa yang tergabung dalam Kelompok Perupa Kendal (KPK) yang bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Kendal tersebut. Sebanyak 80 karya lukis dipamerkan dalam ajang seni ini.

Salah satunya adalah perupa Mahfudz yang sebelumnya aktif di Kelompok Kartunis Kaliwungu (Kokkang). Mahfudz menampilkan karya "Kado Dari Ayah" dan "Di Antara Kemewahan".

Perupa asal Gentan Kidul Boja, Sapto Sugiyo, yang sudah go international pun ambil bagian. Dia memamerkan duplikat tiga karyanya, yakni "Rumah Kardus", "Dudu Aku", serta "Telur dan Melati".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan pameran ini, kami berharap perupa lokal berbakat yang tidak pede dan masih malu-malu, termotivasi untuk pede dan bisa berkarya seperti perupa yang telah dikenal," ujar Budi.

Menurut Budiyono, pihaknya ingin memotivasi dan membangkitkan potensi lokal yang ada, mulai dari seni lukis, patung, kaligrafi, hingga fotografi. "Semua ada dan dimiliki oleh sebagian masyarakat di sini, namun hanya dipajang di rumah masing-masing," tutur Budi yang merupakan seniman patung itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.