Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Bupati Kendal Laku Rp 10 Juta

Kompas.com - 09/09/2011, 11:45 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal Widya Kandi Susanti memiliki bakat terpendam, melukis. Sebuah lukisan bunga karyanya terjual dengan harga Rp 10 juta dalam sebuah pameran yang digelar di eks gedung bioskop Boja, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (8/9/2011).

Pembeli lukisan yang dibuat hanya dalam waktu 1 jam itu dibeli seorang pengusaha asal Semarang dalam pameran lukisan bertajuk "Geliat Manikam" yang digelar pada 6 hingga 10 September 2011.

"Namun pembukaannya dilakukan oleh Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, pada hari Rabu, 7 Agustus 2011," jelas Budiyono.

Budi menambahkan, saat membuka pameran lukisan,Widya sempat melukis bunga pada selembar kanvas berukuran 50x50 cm yang disiapkan panitia. "Lukisan dibeli oleh pengusaha asal Semarang yang tidak mau disebut namanya," kata Budiyono.

Pameran itu sendiri diikuti 25 perupa yang tergabung dalam Kelompok Perupa Kendal (KPK) yang bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Kendal tersebut. Sebanyak 80 karya lukis dipamerkan dalam ajang seni ini.

Salah satunya adalah perupa Mahfudz yang sebelumnya aktif di Kelompok Kartunis Kaliwungu (Kokkang). Mahfudz menampilkan karya "Kado Dari Ayah" dan "Di Antara Kemewahan".

Perupa asal Gentan Kidul Boja, Sapto Sugiyo, yang sudah go international pun ambil bagian. Dia memamerkan duplikat tiga karyanya, yakni "Rumah Kardus", "Dudu Aku", serta "Telur dan Melati".

"Dengan pameran ini, kami berharap perupa lokal berbakat yang tidak pede dan masih malu-malu, termotivasi untuk pede dan bisa berkarya seperti perupa yang telah dikenal," ujar Budi.

Menurut Budiyono, pihaknya ingin memotivasi dan membangkitkan potensi lokal yang ada, mulai dari seni lukis, patung, kaligrafi, hingga fotografi. "Semua ada dan dimiliki oleh sebagian masyarakat di sini, namun hanya dipajang di rumah masing-masing," tutur Budi yang merupakan seniman patung itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com