Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Garuda Normal

Kompas.com - 28/07/2011, 06:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi mogok kerja yang dilakukan Asosiasi Pilot Garuda (APG) sejak 28 Juli pukul 00.00 WIB tidak memengaruhi jadwal penerbangan maskapai Garuda.

Hal ini disampaikan Direktur Operasional Garuda Indonesia Ari Sapari. "Penerbangan berjalan lancar. Tidak ada yang dibatalkan karena sudah menjadi komitmen kami mengutamakan masyarakat," ujarnya saat ditemui di kantor Garuda Indonesia, Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (28/7/2011).

Ari juga mempersilakan aksi mogok kerja yang dilakukan para pilot yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Garuda (APG) selama tidak melakukan intimidasi dan menganggu proses persiapan penerbangan "Jangan mengintimidasi pilot yang lain, penumpang bisa telantar. Kalau itu terjadi, berarti sudah tidak sesuai komitmen," ujarnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Ari mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa pihak APG mengajak pilot Garuda di daerah untuk mengikuti hal serupa. Imbauan ini, dikatakan Ari, agar penerbangan di luar Jakarta tidak dilakukan. "Misalnya flight dari Jakarta ke Semarang, setelah itu diimbau tidak balik lagi," ucapnya.

Sementara itu, Wakil APG Capt Edward Mahar membantah bahwa pihaknya telah melakukan intimidasi ke pilot-pilot lain yang berada di daerah. "Saya rasa tidak ada. Yang ada hanya ajakan moral," sanggahnya.

Berdasarkan pantauan Kompas, pada Kamis (28/7/2011) pukul 05.45, tampak aktivitas di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta terlihat normal. Penumpang Garuda Indonesia dengan tertib memasuki pintu (gate), demikian pula tak tampak ada keterlambatan di papan pengumuman penerbangan.

Para penumpang pesawat Garuda GA 400 Jakarta-Denpasar yang dijadwalkan berangkat pukul 06.15 sudah naik pesawat; penumpang GA 550 tujuan Palangkaraya pukul 06.20 sudah naik pesawat; juga penumpang GA 160 tujuan Padang pukul 06.25 yang telah menaiki pesawat.

Beberapa pramugari pun terlihat bergegas memasuki terminal setelah turun mobil, dan langsung diprioritaskan memasuki terminal oleh para petugas keamanan. Loket-loket penjualan tiket Garuda di Terminal 2 juga tampak dibuka seperti biasanya.

Begitu pula restoran-restoran di Terminal 2, tempat-tempat tersebut menjajakan makanan seperti biasa. ATM pun tetap melayani calon penumpang yang hendak bertransaksi. Sama sekali tidak terlihat dampak dari ancaman mogok terbang dari para pilot Garuda yang tergabung di dalam APG. Tidak terlihat adanya aksi, demikian pula dengan tidak adanya pengamanan berlebihan.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, aksi mogok kerja dilakukan 50 pilot dari APG dilakukan dengan duduk-duduk sambil berbincang-bincang ringan di depan gedung Pilot House yang berada di kawasan kantor Garuda Operation Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com