Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrasah Swasta Bakal Di-Negeri-kan

Kompas.com - 18/07/2011, 16:55 WIB

NGABANG, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat terus membina dan mendorong sejumlah sekolah di bawah naungannya yang masih berstatus swasta agar menjadi negeri.

"Kita terus mendorong kepada pihak yayasan, agar madrasah di negerikan apakah itu madrasah ibtidaiyah, tsanawiyah atau aliyah. Kita berharap dengan menjadi negeri, madrasah atau sekolah tersebut, semua akan difasilitasi oleh negara mulai guru," kata Kepala Kantor Kemenag Landak Mudjazie Bermawie di Ngabang, Senin (18/7/2011).

Menurutnya, di Kabupaten Landak pada 2010 sebanyak tiga madrasah menjadi negeri yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Ngabang, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Darit Kecamatan Menyuke dan MIN Karangan Kecamatan Mempawah Hulu.

"Nah, madrasah yang sudah alih status menjadi negeri, tahun ini menerima anggaran operasional dari negara. Jadi kita tetap mendorong sejumlah sekolah yang masih swasta jika memang sudah layak menjadi negeri," ujar Mudjazie Bermawie.

Ia mengatakan, pihaknya juga mendorong masyarakat untuk mendirikan madrasah-madrasah swasta. Khususnya di kantong-kantong atau daerah Islam seperti di Serimbu Kecamatan Air Besar, Kecamatan Kuala Behe dan Mungguk Kecamatan Ngabang.

"Silakan bagi masyarakat mendirikan yayasan, kemudian mendirikan madrasah, apakah itu ibtidaiyah, tsanawiyah atau aliyah sesuai kebutuhan yang ada. Kami dari Kemenag akan membina," kata Mudjazie Bermawie.

Ia menegaskan, kepada gedung madrasah yang sebelumnya swasta kemudian menjadi negeri. Secara bertahap, madrasah negeri tersebut akan membangun gedung dan sarana lainnya sendiri. Sehingga gedung yang mungkin statusnya milik yayasan akan dikembalikan lagi.

"Sebenarnya tujuan menjadi negeri, madrasah adalah untuk memajukan dari sekolah itu sendiri. Karena kalau negeri fasilitas akan didanai negara, sehingga pihak yayasan tidak lagi ke sana-sini mencari bantuan dana untuk mengembangkan sekolah yang dimaksud, karena sepenuhnya sudah ditanggung oleh pemerintah," kata Mudjazie Bermawie.

Ia menambahkan, di Kabupaten Landak saat ini madrasah yang layak negeri masih ada seperti madrasah di bawah naungan Yayasan PENDAI (Pendidikan dan Dakwah Agama Islam) di Kecamatan Mandor sudah sangat layak naik status menjadi madrasah negeri, baik mulai dari madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com