5.473 KK Korban Banjir Tak Dapat Bantuan

Kompas.com - 08/05/2011, 07:50 WIB
EditorBenny N Joewono

SANGATA, KOMPAS.com - Ribuan kepala keluarga korban banjir di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, yang terjadi akhir April 2011, sampai sekarang belum memperoleh bantuan dari pemerintah kabupaten maupun pihak lain.

Berdasarkan data dan keterangan para camat dan warga, Minggu, masih terdapat 5.473 kepala keluarga (KK) di empat kecamatan belum mendapatkan bantuan.

Dari 5.473 KK yang belum mendapat bantun, terbanyak di Kecamatan Muara Bengkal di tujuh desa, dengan korban sebanyak 4.278 KK. Kemudian Kecamatan Bengalon di empat desa dengan jumlah korban 1.620 KK. Kecamatan Muara Ancalong 1.155 KK, dan Kecamatan Long Masengat 40 KK.

Sedangkan Kecamatan Batu Ampar yang jumlahnya puluhan KK sudah mendapatkan bantuan, bersama dengan ratusan KK di dua desa, Kecamatan Muara Ancalong yakni Desa Kelinjau Ilir dan Dsa Kelinjau Hulu.

Menurut Camat Muara Ancalong Syafranuddin, sebelumnya sudah dua desa yang mendapatkan bantuan lima ton beras dari Dinas Sosial Kutai Timur, tetapi masih ada yang belum, yakni desa Senyiur 376 KK, Long Nah 381 KK, Long Tesak 166 KK, Gemar Baru 94 KK dan desa Muara Dun 138 KK.

"Kami tunggu saja kapan ada bantuan untuk warga korban, kalau masih ada syukur, kalau memang tidak ada lagi ya warga harus sabar dan menerima sebagai cobaan. Toh warga kami sudah terbiasa dengan banjir, bedanya ini yang paling besar," kata Syafranuddin, Minggu (8/5/2011).

Terbanyak ada di Kecamatan Muara Bengkal dengan tujuh Desa, masing-masing, desa Malupan 176 KK, Senambah 389 KK, Ngayau 260 KK, Muara Bengkal Ilir 340 KK, Muara Bengkal Ulu 396 KK, Benua Baru 708 KK dan Batu Balai 311 KK, atau 2.580 KK.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Begitu juga di Kecamatan Bengalon masih terdapat 1.620 KK belum mendapatkan bantuan yakni Desa Sepaso Induk, Sepaso Barat, Sepaso Selatan, Sepaso Timur dan Desa Tepian Langsat," kata Sekretaris Kecamatan Bengalon Awang Jusnanta.

Camat Muara Bengkal Jaini, mengatakan, sampai Minggu memng belum ada bantuan, tetapi sudah menandatangani serah terima bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Kutai Timur.

"Kami sudah menandatangani bantuan jumlhanya 15.450 ton beras, tetapi pihak Kecamatan yang mengambil berasnya di Dolog Samarinda, hari Senin, 9 Mei. Biayanya juga dibebankan kepada kecamatan sampai warga korban di masing-masiong desa," katanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X