Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lahar Dingin Rusak Lahan 10 Ha

Kompas.com - 15/04/2011, 17:13 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.com — Banjir lahar dingin yang mengalir dari hulu Gunung Merapi mengakibatkan merusak sekitar 10 hektar lahan pertanian di sekitar Kali Juweh, Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

"Kami telah mendata jumlah lahan pertanian sayuran di sepanjang aliran sungai berhulu Merapi di Desa Jrakah itu. Yang rusak diperkirakan sekitar 10 hektar," kata Tumar, Kepala Desa Jrakah, di Boyolali, Jumat (15/4/2011).

Menurut dia, lahan pertanian tersebut merupakan tanah milik desa yang digarap oleh petani setempat. Lahan yang sudah ditanami sayur mayur itu hancur terbawa lahar dingin beberapa waktu lalu.

"Lahan itu merupakan salah satu penghasilan gaji perangkat desa setempat. Lahan khas desa yang longsor mencapai enam hektar, sedangkan sisanya milik warga sekitar," katanya.

Menurut dia, sejak bencana erupsi hingga peristiwa banjir lahar dingin, perangkat desa hanya mengandalkan gaji dari pemerintah karena lahan pertanian mereka sudah rusak terbawa banjir.

"Kami sudah melakukan pengecekan ke lokasi untuk didokumentasi. Kerugian dari lahan khas desa longsor ini mencapai sekitar Rp 125 juta," katanya.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat mengganti tanah khas desa yang longsor.

Pihaknya akan mengadakan rapat desa untuk membahas masalah tersebut. Hasil rapat dapat disampaikan ke Pemkab guna mencari solusi.

Menurut Tumari, longsor tersebut juga mengakibatkan para petani gagal panen.

"Warga menggarap sayur mayur yang siap panen. Akhirnya mereka hanya bisa gigit jari karena sayuran ikut longsor terbawa lahar dingin," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com