Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung, 235 Unggas Dimusnahkan

Kompas.com - 03/04/2011, 22:38 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com — Sebanyak 235 ekor unggas yang terinfeksi virus H5N1 telah dimusnakan Pemerintah Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Gorontalo Rustam Rahman, Minggu (3/4/2011), mengatakan, pemusnahan merupakan tindak lanjut dari penemuan warga yang unggasnya mati mendadak.

"Kami mendapat laporan warga ada unggas yang mati mendadak. Setelah di periksa, unggas tersebut positif terinfeksi virus H5N1," ujar Rustam.

Berdasarkan laporan tersebut, pihaknya langsung menuju lokasi yang berada di Jalab Palma dan Jalan Delima, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Selanjutnya pihaknya dibantu dengan Satuan Polisi Pamong Praja langsung melakukan penangkapan terhadap unggas yang ada di radius 100 meter dari lokasi tempat ditemukannya unggas yang mati mendadak.

"Untuk unggas yang lokasinya berada di radius 200-300 meter kami kandangkan untuk di berikan vaksin," kata Rustam.

Sebelumnya para warga yang unggasnya di tangkap menolak untuk di musnakan, bahkan begitu mengetahui pemusnahan unggas, warga langsung membawa kabur unggasnya.

Namun, setelah diberikan sosialisasi oleh Wali Kota Gorontalo Adhan Dambea, yang pada saat itu langsung meninjau lokasi tersebut, para warga langsung menyerahkan unggasnya.

Warga juga diberikan ganti rugi, setiap ekor untuk unggas dewasa diganti Rp 15.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com