Hatta: Cilacap Harus Padam Hari Ini

Kompas.com - 03/04/2011, 08:30 WIB
EditorA. Wisnubrata

CILACAP, KOMPAS.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa memerintahkan agar kebakaran di tanki pengolahan bahan bakar minyak atau BBM bisa dipadamkan hari ini, Minggu (3/4/2011). Itu perlu agar dunia internasional melihat Indonesia bisa mengatasi masalah ini dengan cepat.

"Upayakan hari ini selesai. Jangan sampai dunia internasional khawatir," ujar Hatta Rajasa di Pelabuhan Udara Tunggul Wulung, Cilacap, Minggu (3/4/2011) langsung kepada Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan.

Sebelumnya, Pelabuhan Udara Cilacap, Tunggul Wulung diperintahkan untuk melayani seluruh penerbangan selama 24 jam sehari. Langkah ini dilakukan untuk mempercepat proses pemadaman api di tiga tanki pengolahan bahan bakar minyak di Cilacap, Jawa Tengah yang mulai terbakar sejak Sabtu (2 April 2011) dini hari.

Tunggul Wulung sebelumnya belum memiliki kapasitas untuk melayani penerbangan malam hari. Atas perintah pembukaan 24 jam ini, layanan pendaratan malam hari dilakukan dengan menggunakan lampu mobil yang dijejerkan di sepanjang landasan pacu.

Hatta adalah menteri di kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang tiba di Cilacap setelah peristiwa kebakaran itu terjadi. Hatta memerintahkan Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan untuk mendatangi lokasi kebakaran. Hatta bertemu Karen di Bandara Tunggul Wulung dan mengadakan rapat darurat sekitar 10 menit. Saat ini, rombongan Hatta sedang menuju ke lokasi kebakaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.