Hujan Deras Rendam Ratusan Rumah Warga

Kompas.com - 07/03/2011, 17:34 WIB
EditorBenny N Joewono

SUMBAWA, KOMPAS.com - Banjir akibat hujan deras Minggu merendam ratusan rumah warga di Desa Brang Kolong, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, NTB.

Warga Desa Desa Brang Kolong, Kecamatan Plampang (sekitar 60 kilkometer arah timur Sumbawa Besar) Junaidi, Senin (7/3/2011) mengatakan hujan deras yang mengguyur desa tersebut sejak pukul 13.00 WITA mengakibat sungai Brang Kolong meluap.

Sungai Brang Kolong yang meluap sekitar pukul 15.00 WITA itu bersamaan dengan meluapnya cek dam di bagian hulu sungai sehingga menyebabkan ratusan rumah warga terendam air.

Genangan air akibat banjir mecapai 1,5 meter itu selain merendam ratusan rumah juga fasilitas umum seperti pasar dan kantor desa serta merobohkan pagar sekolah dasar.

Banjir tersebut juga mengakibat tiga gardu pos ronda hanyut dibawa air, bahkan luapan air menggenangi ruas jalan negara yang membelah desa dengan ketinggian setinggi lutut orang dewasa.

"Kondisi tersebut mengakibatkan ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat terjebak dalam antrean cukup panjang," katanya.

Ia mengatakan, banjir juga merendam ratusan hektare tanaman padi dan bawang merah milik petani di Desa Brang Kolong.

"Baru sekarang banjir besar seperti ini terjadi lagi. Kami berharap bantuan pemerintah, paling tidak bantuan tanggap darurat," katanya.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa masih mendata rumah warga yang terendam banjir serta kerusakan sejumlah fasilitas umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.