Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Terus, Harga Cabai Merangkak Lagi

Kompas.com - 02/03/2011, 18:12 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur selama hampir sepekan membuat harga cabai rawit di tingkat petani mulai berangsur-angsur naik lagi, jika sehari sebelumnya harga cabai rawit Rp 6.500 sekarang menjadi Rp 7.500 per-kg. Ini disebabkan karena selama empat hari ini petani menghindari panen saat tanaman di lahan masih basah.

"Siapa berani membeli cabai kalau masih keadaan basah, petani juga tidak akan mau memetik buah yang basah oleh air. Jika dalam keadaan basah dipaksakan dikirim ke Jakarta atau Metro di Lampung, maka sampai di sana busuk," kata Ahmad Baihaqi, pe dagang cabai di Desa Sumberkejayan Kecamatan Mayang, Jember, Rabu (2/3/11).

Ahmad Baihaqi menambahkan, harga cabai yang merosot dua hari lalu disebabkan cabai dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan di Jakarta atau Metro. Cabai Wonosobo, Brebes dan luar Jawa yang semula tidak berproduksi sekarang sudah mulai memenuhi pasar.

Saat hujan lebat selama hampir sepekan membuat petani tidak segera memanen cabainya sehingga stok cabai yang akan pasarkan ke Jakarta berkurang. Akibatnya, harga menjadi naik lagi sesuai dengan volume kebutuhannya. Selama di Jakarta dan Metro cabai masih tersedia banyak dan sulit pasarkan, harga cabai di daerah menjadi rendah, kata Baihaqi.

Selama harga cabai masih di atas Rp 5.000, kata Hafid, petani masih bisa menikmati hasil walau sangat tipis. "Saya melihat tanaman cabai begitu luas sehingga sangat khawatir akan terjadi poenurunan harga," kata Hafid.

Apalagi lahan yang dipersiapkan untuk ditanami cabai masih sangat luas. Bahkan ada tetangga sebelah ini yang telah mempersiapkan lahan untuk tanaman hampir 10 hektar, kata Hafid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com