Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Akan Lepas 30 Persen Saham

Kompas.com - 10/02/2011, 13:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Lion Mentari Airlines berencana melepas sebesar 30 persen sahamnya ke publik akhir tahun depan. Go public maskapai penguasa pasar penerbangan layanan low cost carrier ini dilakukan agar masyarakat juga memiliki tanggung jawab kepada Lion.

"Beberapa tahun lagi, diperkirakan Lion akan menguasai 65 pasar penerbangan di Indonesia. Tentu itu akan menjadi tanggung jawab yang besar. Karena itu, kami ingin publik juga turut memiliki Lion," kata Presiden Direktur Lion Rusdi Kirana seusai pelantikan siswa Lion Flying School di Cengkareng, Banten, Kamis (10/2/2011).

Keyakinan menguasai market share penerbangan Indonesia tersebut dikarenakan Lion sangat ekspansif. Saat ini Lion memiliki 78 pesawat termasuk 15 pesawat untuk Wings Air. Tahun ini maskapai tersebut akan mendatangkan 22 pesawat, yaitu 16 Boeing 737-900ER dan 6 ATR 72-500. "Hingga 2016, kami akan mengoperasikan 178 unit. Karena itu, wajar kalau market share kami akan menjadi 65 persen. Saat ini masih 40 persen," tuturnya.

Disebutkan, dengan semakin besarnya pasar Lion, keluarga Kirana akan melepas saham ke masyarakat. "Kami perkirakan bisa dapat 1 miliar dollar AS dari IPO (initial public offering) pada akhir 2012 atau awal 2013," ujar Rusdi.

Dana tersebut akan dijadikan dana cadangan perusahaan saja karena dana ekspansi telah didukung oleh tiga bank asing, yaitu Paribas Bank, DFB Bank, dan Exim Bank, sebesar 11,4 miliar dollar AS sejak beberapa tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com