Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75 Orang Tewas Akibat Banjir Bandang

Kompas.com - 02/02/2011, 22:12 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Korban tewas akibat banjir di Filipina yang disebabkan hujan kebat sebulan penuh hujan telah mencapai 75 jiwa, demikian dilaporkan pejabat dinas penanganan bencana, Rabu (2/2/2011) sambil mengingatkan potensi banjir dan tanah longsor susulan.

Kerusakan di lahan pertanian dan infrastruktur diperkirakan menyebabkan kerugian lebih dari dua miliar peso (Rp.405 miliar), namun sejauh ini hujan belum merusak wilayah utama produsen jagung dan beras di utara dan barat negara tersebut.

Sekitar sepertiga dari 80 provinsi Filipina, yang sebagian besar merupakan wilayah tengah dan selatan, terendam banjir akibat hujan yang dimulai pada akhir Desember lalu, sementara lebih dari dua juta orang terkena dampak banjir tersebut.

Kepala Dinas Penanganan Bencana Nasional, Benito Ramos, mengatakan bahwa 32 orang telah hilang, baik tersapu oleh sungai yang meluap ataupun hilang di laut.

Biro cuaca mengatakan, pihaknya telah memprediksi hujan pada akhir musim dingin, yang akan berlanjut hingga Maret.

Beberapa wilayah di selatan tercatat curah hujan lebih dari satu meter, meningkat tiga kali lipat dari curah hujan biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com