Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam Harus Segera Dievakuasi

Kompas.com - 28/01/2011, 17:13 WIB

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Kapal tanker berbendera Singapura yang tenggelam di Pulau Berhalas, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, harus segera dievakuasi untuk mencegah terjadinya pencemaran laut.

Pencemaran laut dapat disebabkan oleh 1.100 ton aspal yang berada di dalam kapal tanker tersebut, dan juga bahan bakar yang digunakan kapal tersebut, kata Mayor Johanes Sitanggang di Tanjungpinang, Jumat (28/1/2011).

"Pemilik kapal tanker tersebut bertanggung jawab mengangkutnya, jangan sampai menimbulkan pencemaran laut di perairan Bintan. Pencemaran laut dapat merugikan pemilik kapal," kata kata Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL IV/Tanjungpinang.

Kapal tanker berbendera Singapura dengan merek lambung MT AB9 tenggelam di perairan Pulau Berhalas pada Kamis sekitar pukul 13.00 WIB, karena menabrak karang. Kemungkinan kapal tanker tersebut memiliki asuransi.

"Kami bersedia membantu pemilik kapal tanker untuk mengevakuasi kapal tersebut," ungkapnya.

Kapal tanker itu dikendalikan 14 orang awak berkebangsaan Thailand. Mereka diselamatkan anggota TNI AL dan nelayan, setelah berhasil menyelamatkan diri dengan sebuah sekoci penyelamat dan satu perahu karet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com