200 Rumah di Ciamis Diterjang Banjir

Kompas.com - 28/01/2011, 01:41 WIB
Editoryuli

CIAMIS, KOMPAS.com — Hujan lebat yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejak Kamis (27/1/2011) pukul 15.00, menyebabkan banjir bandang.

Sekitar 200 rumah di Dusun Sukamaju, Desa Banjarsari, dan Dusun Wanayasa, Desa Cibadak, keduanya di Kecamatan Banjarsari, diterjang banjir bandang setinggi 70 sentimeter, sekitar pukul 19.30.

Melihat arus air yang deras membawa batang pepohonan yang tumbang, warga pun panik. Meskipun tidak ada korban jiwa, aparat pemerintah mengevakuasi warga ke tempat aman.

Warga Dusun Sukamaju, Sukaesih (30), menduga, banjir bandang berasal dari Sungai Cikaso yang meluap. Volume air hujan yang tinggi tidak tertampung oleh Sungai Cikaso sehingga akhirnya meluap.

Sekretaris Kecamatan Banjarsari Yayat Kiswayat mengatakan, dengan dibantu oleh anggota TNI dari Koramil Banjarsari, pihaknya mengevakuasi warga ke kantor Koramil Banjarsari dan kantor Kecamatan Banjarsari.

"Kami tidak ingin mengambil risiko karena ketinggian air mencapai 70 sentimeter. Warga yang diungsikan sementara berasal dari Dusun Sukamaju (86 kepala keluarga) dan Dusun Wanayasa (114 kepala keluarga)," tutur Yayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.