SPBG untuk Transjakarta Direvitalisasi

Kompas.com - 20/11/2010, 03:57 WIB
Editor

Jakarta, kompas - Stasiun pengisian bahan bakar gas untuk melayani bus transjakarta ditargetkan akan tersedia kembali di banyak lokasi di Jakarta. Hal ini dilakukan Pertamina setelah beberapa SPBG tidak lagi bisa melayani kebutuhan operasional bus transjakarta karena masalah teknis hingga soal harga beli.

Namun, saat ini Pertamina giat merevitalisasi delapan dari 18 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang ada. Hingga akhir tahun 2010 akan ada empat SPBG yang bisa memasok kebutuhan bahan bakar bus transjakarta. Empat lainnya ditargetkan selesai pada 2011.

”Revitalisasi SPBG ini merupakan upaya bersama antara DKI dan Pertamina untuk mendukung percepatan operasional transjakarta Koridor IX dan X. Banyaknya SPBG yang bisa berfungsi akan menjamin operasional kedua koridor tidak terganggu,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Jumat (19/11).

Keempat SPBG yang kini dalam proses revitalisasi itu adalah SPBG Jalan Pemuda, Jakarta Timur; SPBG Jalan Margonda, Depok; SPBG Jalan Gandaria, Jakarta Selatan; dan SPBG Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Di Jalan Pemuda saat ini revitalisasi bisa dikategorikan telah selesai dilakukan. Sementara di Margonda, Gandaria, dan Daan Mogot, proses revitalisasi sudah berjalan di atas 75 persen.

Pada tahun 2011 akan diselesaikan revitalisasi SPBG Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur; SPBG Pluit, Jakarta Utara; SPBG Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan; dan SPBG Sunter, Jakarta Utara.

Gas yang disediakan di SPBG itu dipatok pada harga seragam, Rp 2.562 per liter skala premium. Ketersediaan pasokan ini juga dijamin mencukupi kebutuhan operasional bus transjakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keberadaan SPBG dan dioperasikannya Koridor IX dan X bus transjakarta diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang makin menyiksa warga kota Jakarta.

Selain itu, kata Udar, pihaknya juga mulai membersihkan setiap ruas jalan dari gangguan, seperti pedagang kaki lima, parkir liar, dan lalu lalang kendaraan berat. (NEL)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.