Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mutun, Primadona Wisata di Lampung

Kompas.com - 14/09/2010, 15:49 WIB

KOMPAS.com-  Berwisata di pulau tropis, lengkap dengan panorama pasir putih dan jernihnya laut, biasanya identik dengan biaya mahal atau kemewahan. Entah itu untuk retribusi masuk ke area pulau, sewa perahu atau biaya transportasi.

Namun, anggapan ini sirna ketika kita berkunjung ke Pantai Mutun atau gugusan pulau-pulau kecil lainnya di wilayah Teluk Lampung di Kabupaten Pesawaran. Dengan kocek kurang dari Rp 100.000 per orang, pengunjung bisa merasakan sensasi berwisata ke pulau, lengkap dengan berbagai wahana menyenangkan.

Pantai Mutun adalah salah satu tempat wisata favorit di kawasan Teluk Lampung. Kawasan pantai ini memiliki pulau terkenal yang disebut Pulau Tangkil. Pulau seluas 11,5 hektar ini memiliki segala syarat untuk menjadi pusat wisata bahari terbaik di wilayahnya. Hamparan pasir putihnya cukup landai dan bersih.

Bahkan, begitu bersihnya, pasir di pantai ini nampak seperti hamparan pasir terigu. Air lautnya pun juga sangat jernih, berwana kebiru-biruan. Sehingga, ini memungkinkan dasar lautnya masih dapat terlihat dengan mata telanjang hingga kedalaman 1,5 meter.

Di pinggir-pinggir pantai berjajar pohon-pohon kelapa dan bakau yang rindang. Pondokan-pondokan kecil menyelingi barisan pepohonan itu. Yang juga menjadi keunggulan lainnya yang tidak ada tandingannya, di pulau ini kita bisa melihat pemandangan indah Pantai Mutun dan barisan perbukitan yang seolah mengelilingi pulau.

Masih di titik ini, dari kejauhan, kita bisa melihat puluhan kapal-kapal tanker dan kapal komersial berjajar di teluk. Sebab, pulau ini tidak jauh dari Pelabuhan Panjang yang dioperasikan PT Pelindo. Jarak keduanya kurang dari 5 km.

"Sungguh menakjubkan, serasa seperti berada di belahan lain. Bukan di Lampung. Pantainya bersih, lautnya jernih dan ombak sangat tenang," ujar Anidini (23 ), salah seorang pengunjung yang baru pertama kali menginjakkan kakinya ke Pulau Tangkil.

Daya tarik inilah yang mengakibatkan ribuan pengunjung saat libur Lebaran seperti kemarin rela antre dan terjebak macet untuk menuju kawasan ini.

Sangat terjangkau

Kelebihan lain dari Pulau Tangkil adalah tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Jaraknya dari pusat kota Bandar Lampung hanya 15 km. Tempat ini juga dapat dijangkau angkot dari pusat kota. Untuk mencapainya, pengunjung harus lebih dulu singgah ke Pantai Mutun. Di pantai ini tersedia wahana waterboom yang menjadi daya tarik lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com