Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muntaber, Empat Orang Meninggal

Kompas.com - 07/09/2010, 04:05 WIB

MALANG, KOMPAS - Empat orang meninggal dan 82 lainnya dirawat di rumah sakit akibat wabah muntah berak di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kepanjen dan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pekan lalu. Pemerintah Kabupaten Malang menyatakan sebagai kejadian luar bisa.

Korban meninggal adalah Nur Rochmah (60), warga Talangagung, dan M Achiyak (60), warga Jatirejoso, Kepanjen; serta Bunaji (45) dan Romilah (70), warga Desa Palakan, Ngajum.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang M Fauzi, didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Mulyatim Kuswo, Senin (6/9) di Malang, mengatakan, karena jumlah korban yang cukup banyak, pihaknya menetapkan kejadian luar biasa (KLB) muntah berak (muntaber). Penanganan KLB muntaber itu harus ekstra dan RSUD Kanjuruhan, Kepanjen siaga penuh.

”Setelah dinyatakan kejadian luar biasa, semua biaya perawatan kini dibiayai Pemkab Malang melalui APBD. Dilakukan pula penelitian kemungkinan penyebab lainnya,” kata Fauzi.

Untuk mengatasi dan meminimalkan jumlah korban jiwa, dinas kesehatan membuka posko kesehatan di Dusun Sukouwono, Desa Palakan, Ngajum.

Pada Senin kemarin, dinas kesehatan sudah mendapat hasil laboratorium. Kejadian itu karena infeksi amuba. Diare muncul karena problem sanitasi.

Muntaber itu diketahui setelah puluhan warga Jatirejoso dirawat intensif di RS Wava Husada, Kepanjen, mulai Senin (30/8). Semula dinas kesehatan mengira warga yang dirawat mengalami keracunan takjil. Namun, warga yang tidak memakan takjil itu juga ada yang mengalami gejala yang sama. Hari-hari berikutnya pasien ke RSUD Kanjuruhan cukup banyak. (ODY/ANO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com