Mudik Aman Berkat Payung Asuransi

Kompas.com - 01/09/2010, 10:56 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -  Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi bagi bangsa kita. Segala cara dilakukan agar tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Sayang, terkadang, tradisi ini menelan korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas selama proses mudik.

Dengan kondisi tersebut, tak rugi kiranya jika masyarakat mulai mawas diri. Kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, persiapkan sejak dini segala bekal mudik dengan matang. Jangan cuma terpaku pada biaya dan kendaraan, produk asuransi pun patut menjadi pertimbangan demi menjaga keselamatan Anda sekeluarga.

Saat ini ada beragam produk asuransi yang ditawarkan untuk produk mudik itu. Sebut saja Garda Oto, produk asuransi milik PT Asuransi Astra Buana, yang menggarap peluang tersebut. "Risiko tidak pernah tahu kapan terjadinya, terutama ketika mudik," kata Laurentius lwan Pranoto Sutanto, Head Marketing Communications & Public Relation PT Asuransi Astra Buana.

Pada mudik tahun ini, Garda Oto menawarkan dua produk yakni produk dengan pertanggungan total loss only (TLO) atau comprehensive. TLO akan menanggung total loss accident dengan biaya perbaikan kurang atau sama dengan 75 persen dari harga kendaraan. Ada juga total loss stolen atau kehilangan akibat pencurian. Produk comprehensive, akan mengganti kerusakan sebagian atau kerusakan/kehilangan total.

Penawaran nilai premi pun tergantung pada harga, usia mobil, dan rate dari Garda Oto. Layanan mudik ini berlaku sejak 7 September hingga 13 September dan hanya untuk pemegang polis Garda Oto. Oh iya, asuransi ini juga menyiapkan pospos di sepanjang jalur mudik.

PT Asuransi Jaya Proteksi (Japro) ikut tergiur peluang mudik. Bahkan, Japro berencana menggandeng salah satu Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) raksasa demi melancarkan bisnisnya.

Direktur Keuangan Japro, Nicolaus Prawiro masih enggan menjelaskan detail rencana kerjasama tersebut. "Deal-nya barn minggu depan, jadi masih mentah. Seperti apa mekanisme perlindungan, klaim dan lainnya masih dalam tahap pembayasan," tutur dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada momen mudik kali ini, PT Asuransi Bumiputera Muda 1967 (Bumida) masih mengandalkan produk bernama MobilKoe yang dinilai cukup menarik. Selain memproteksi kendaraan, MobilKoe menawarkan santunan bagi pengendara dan penumpang.

Bila pemegang polis MobilKoe nasabah Bank Bumiputera atau pemegang polis AJB Bumiputera, dia akan mendapatkan potongan premi. "Nilai premi ada tingkatanya, tergantung nilai mobil itu," kata Joko Hananto Direktur Bumida.

Demikian pula PT Asuransi Takaful Umum yang mendwarkan Takaful Safari. Paket asuransi perjalanan ini hasil kerjasama Takaful dengan satu operator telepon seluler yang terjalin tiga tahun ini.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.