Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.000 Km Jalan Siap Layani Arus Mudik

Kompas.com - 31/08/2010, 11:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan kesiapan jaringan jalan nasional sepanjang 11.000 kilometer untuk melayani arus mudik dan arus balik Lebaran. Sepuluh jaringan jalan utama yang menjadi jalur mudik di Sumatera dan Jawa dalam kondisi baik.

Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto mengatakan, kementerian sudah menurunkan sepuluh tim pemantau ke jalur-jalur mudik di Sumatera dan Jawa, juga ke jalur mudik lainnya di Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Secara total, ada sepuluh jalur yang dipantau terkait kesiapan menjelang Lebaran. "Ada beberapa memang yang sebelumnya rusak, tapi sudah diperbaiki. Kami juga tidak menemukan kesulitan-kesulitan yang berarti untuk menyelesaikan tugas-tugas," katanya dalam keterangan pers di Kementerian PU, Selasa (31/8/2010).

Sepuluh jalur mudik yang ditinjau meliputi lintas timur Sumatera-Riau, Jambi-Palembang-Lampung, Palembang-Lampung-Jakarta, pantai utara dan selatan di Jawa Barat, pantai utara dan selatan Jawa Tengah, pantai utara Jawa Timur, pantai selatan Jawa Timur, jalur Pulau Bali, Sulawesi Selatan, serta jalur Kalimantan Selatan-Kalimantan Tengah.

Pemantauan dilakukan sampai tanggal 28 Agustus lalu. "Sesuai dengan target kami, hari ini, H-10, semua (infrastruktur) sudah siap," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com