Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Lereng Sinabung Mengungsi

Kompas.com - 29/08/2010, 08:08 WIB

BERASTAGI, KOMPAS.com — Letusan dan semburan lava panas yang terjadi di kawah Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, Minggu (29/8/2010) dini hari, membuat warga tiga kecamatan di lereng gunung tersebut mengungsi.

Ribuan warga dari Desa Sukanalu, Kate Gugung, Singgarang-garang, Simacem, Bekrah, Sukameriah, Gurkinayan, Perbaji, Mardingding di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Payung, Kecamatan Tiga Ndreget, dan Kecamatan Namantran, dievakuasi meninggalkan rumah mereka menuju Kabanjahe dan Brastagi menggunakan truk Dalmas, ambulans, dan truk milik Satpol PP Pemkab Karo.

Pantauan Tribun, warga yang mengungsi memadati jalan-jalan di Brastagi dan Kabanjahe. Sebagian besar warga hanya membawa pakaian di badan, sedangkan harta benda ditinggalkan di rumah mereka.

Sementara di persimpangan Sukanalu, sejumlah polisi dan petugas hansip menjaga dan melarang setiap orang yang datang untuk melihat kondisi tersebut dari dekat.

Hingga pukul 04.00 WIB, warga di sejumlah desa tersebut masih dievakuasi karena khawatir akan meletusnya gunung tersebut. Rawin Sembiring, warga Sukanalu yang ditemui di desa tersebut, mengatakan, sejak terjadi letusan, warga desa sudah dievakuasi, sedangkan ia berjaga agar tak ada penjarahan di rumah-rumah warga.

Dia mengatakan, saat letusan terjadi, dirinya sedang berada di rumah. Letusan tersebut, kata dia, diiring suara gemuruh dan lelehan lava pijar dari kawah gunung. "Kayak bola api, lava itu turun sampai ke bawah, kami panik dan berlarian," katanya. (Dedy Sinuhaji)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com