Ribuan Warga Lereng Sinabung Mengungsi

Kompas.com - 29/08/2010, 08:08 WIB
EditorTri Wahono

BERASTAGI, KOMPAS.com — Letusan dan semburan lava panas yang terjadi di kawah Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, Minggu (29/8/2010) dini hari, membuat warga tiga kecamatan di lereng gunung tersebut mengungsi.

Ribuan warga dari Desa Sukanalu, Kate Gugung, Singgarang-garang, Simacem, Bekrah, Sukameriah, Gurkinayan, Perbaji, Mardingding di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Payung, Kecamatan Tiga Ndreget, dan Kecamatan Namantran, dievakuasi meninggalkan rumah mereka menuju Kabanjahe dan Brastagi menggunakan truk Dalmas, ambulans, dan truk milik Satpol PP Pemkab Karo.

Pantauan Tribun, warga yang mengungsi memadati jalan-jalan di Brastagi dan Kabanjahe. Sebagian besar warga hanya membawa pakaian di badan, sedangkan harta benda ditinggalkan di rumah mereka.

Sementara di persimpangan Sukanalu, sejumlah polisi dan petugas hansip menjaga dan melarang setiap orang yang datang untuk melihat kondisi tersebut dari dekat.

Hingga pukul 04.00 WIB, warga di sejumlah desa tersebut masih dievakuasi karena khawatir akan meletusnya gunung tersebut. Rawin Sembiring, warga Sukanalu yang ditemui di desa tersebut, mengatakan, sejak terjadi letusan, warga desa sudah dievakuasi, sedangkan ia berjaga agar tak ada penjarahan di rumah-rumah warga.

Dia mengatakan, saat letusan terjadi, dirinya sedang berada di rumah. Letusan tersebut, kata dia, diiring suara gemuruh dan lelehan lava pijar dari kawah gunung. "Kayak bola api, lava itu turun sampai ke bawah, kami panik dan berlarian," katanya. (Dedy Sinuhaji)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.