Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tumbang Bikin Macet Satu Kilometer

Kompas.com - 06/08/2010, 15:39 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com - Pohon tumbang akibat tanah longsor di belahan Desa Salletto sekitar 20 kilometer dari Mamuju, Sulawesi Barat, membuat arus lalu lintas di jalur trans Sulawesi terputus beberapa jam.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian, Jumat (6/8/2010) menunjukkan, arus lalu lintas menjadi terputus setelah batang pohon yang tumbang itu melintang di ruas jalan.

Selain pohon tumbang, material longsoran yang menimbun badan jalan juga sangat menghambat kendaraan yang lewat di jalur trans Sulawesi yang menghubungkan kabupaten Mamuju dengan kabupaten Majene serta kota Makassar.

Material longsoran itu tampak menimbun separuh badan jalan. Hujan deras yang terjadi sejak Kamis sekitar pukul 13,00 wita hingga malam harinya, telah mengakibatkan tanah longsor di Desa Salletto, Kecamatan Mamuju.

Terputusan jalur tersebut dalam beberapa jam, telah menyebabkan antrean kendaraan sepanjang kurang lebih satu kilometer.

"Jalur trans Sulawesi baru bisa dibuka warga pagi, setelah sebelumnya sempat macet total karena tertutup material longsor dan pohon besar yang tumbang," kata Basri, salah seorang warga setempat.

Ia mengatakan, jalan yang tertutup longsor di Desa Salletto, berhasil dibuka warga secara beramai-ramai.

Demikian juga batang pohon yang melintang di badan jalan, berhasil dipotong menggunakan mesin alat pemotong kayu, sebelum disingkirkan ke pinggir jalan.

Menurut dia, hingga siang ini arus trans Sulawesi di Desa Salletto mulai normal dan telah dapat dilalui kendaraan dalam berbagai ukuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com