Buruh Kaltim Tuntut Perbaikan Nasib

Kompas.com - 01/05/2010, 18:49 WIB
Editoracandra

SAMARINDA, KOMPAS.com — Sekitar 100 buruh dan mahasiswa aktivis perburuhan berunjuk rasa memperingati Hari Buruh di Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Sabtu (1/5/2010) siang tadi. Demonstran menuntut perbaikan nasib buruh dengan cara peningkatan upah dan pencabutan aturan yang tidak berpihak kepada buruh.

Unjuk rasa itu diikuti sejumlah elemen perburuhan dan organisasi massa, seperti Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, dan Serikat Pekerja Tambang Menggugat. Sebelum tiba di depan Kantor Gubernur Kaltim, mereka berjalan kaki cukup panjang dan lama sehingga lalu lintas menjadi macet.

Pengunjuk rasa menuding pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono tidak berpihak kepada buruh. Itu tecermin dari sejumlah aturan dan paket kebijakan yang dinilai menguntungkan pengusaha, seperti pemberlakuan pasar bebas ASEAN-China, penetapan Undang-Undang Kawasan Ekonomi Khusus, dan revisi Undang-Undang Jaminan Sosial Tenaga Kerja serta penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.