Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyidik Satuan Renata Datangi Lokasi Penampungan TKW NTT

Kompas.com - 18/03/2010, 14:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima orang penyidik Polda Metro Jaya dari Satuan Remaja, Anak dan Wanita (Renata) mendatangi lokasi penampungan tenaga kerja wanita PT MMJA, di kawasan Muara Tanjung Barat, Jakarta Selatan, Kamis (18/3/2010).

Dua orang penyidik, Kompol Lilik dan Kompol Rindarto, menanyakan sejumlah hal kepada pihak manajemen PT MMJA. Beberapa hal yang ditanyakan diantaranya mengenai berapa lama para TKI itu sudah ditampung dan kegiatan apa saja yang dilakukan selama di penampungan.

Kompol Lilik mengungkapkan, pihaknya juga menerima laporan dari suami salah seorang tenaga kerja. "Kami juga ingin mendapatkan keterangan terkait laporan suami salah seorang tenaga kerja yang pernah ditampung disini," katanya.

Selain pihak penyidik, Deputi Bidang Perlindungan Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Subagyo, juga mendatangi lokasi penampungan. Subagyo mengaku heran melihat lokasi penampungan yang berukuran cukup besar jika dibandingkan lokasi penampungan TKW lainnya.

"Saya melihat kok besar sekali. Untuk ke Malaysia sedang negosiasi, setiap tenaga kerja kita ke sana harus dilindungi. Jangan ke sana tapi tidak jelas nasibnya. Ini tempatnya bagus, tapi kalau pelaksanaannya tidak benar kan sama saja," ujar dia.

Hingga berita ini diturunkan, pihak penyidik dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak tengah meminta keterangan pihak manajemen PT PPA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com