Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodam Udayana Siap Amankan Kedatangan Obama

Kompas.com - 11/03/2010, 21:07 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Hotmangaradja Pandjaitan menegaskan, pihaknya bersama seluruh unsur TNI lain dan Kepolisian RI siap mengamankan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Bali.

"Semuanya masih dalam rencana. Istilahnya, tentatif. Kami menunggu kepastian dari tingkat lebih tinggi. Walau begitu, kami senantiasa siap mendukung pengamanan kedatangan Presiden Obama ke Bali," katanya di Denpasar, Kamis (11/3/2010) malam.

Seusai pembubaran panitia Lomba Bintang Cilik Imut, Pandjaitan menyatakan bahwa sejumlah persiapan sedang dilakukan dalam berbagai tahapan. "Kami masih menunggu perintah lebih lanjut dari atas. Pada prinsipnya, kami bersiap selalu," ucapnya.

Presiden Obama dipastikan akan menjadi tamu Indonesia dalam kunjungan kenegaraan pertamanya itu pada 21-22 Maret 2010. Namun, apakah setelah di Jakarta Obama akan jadi ke Bali, hal itu masih menunggu perkembangan lebih lanjut.

Dalam kunjungan resminya kali ini, Obama berencana membawa serta ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama, dan kedua putrinya yang beranjak remaja. "Biarlah kedua anak saya itu bisa melihat rumah bapaknya waktu di Indonesia," demikian kata Obama menurut kabar yang dilansir Gedung Putih awal tahun ini.
    
Bali sebagai calon tuan rumah kunjungan Obama juga tengah melakukan persiapan. Pura Uluwatu yang dijadwalkan akan menjadi satu lokasi penting bagi kunjungan Obama juga tengah dipersiapkan secara khusus, selain Bandara Internasional Ngurah Rai yang akan menjadi tempat Air Force One diparkir selama semalam.

Sebelumnya, Gedung Putih telah menyatakan kepastian kunjungan Obama ke Indonesia itu. Kunjungan ini akan dirangkaikan dengan tugas resmi lainnya ke Australia. Undangan berkunjung ke Indonesia itu disampaikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam KTT APEC di Singapura pada akhir tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com