Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djoko Suyanto: Tidak Ada Dana Yayasan untuk Pilpres

Kompas.com - 30/12/2009, 12:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Pembina Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial Djoko Suyanto menegaskan, pendanaan yang dikumpulkan oleh yayasan-yayasan yang berkaitan dengan Keluarga Cikeas tidak ada yang dialirkan untuk pembiayaan kampanye dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden lalu.
Djoko Suyanto yang juga Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan mengemukakan hal itu sebelum menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/12/2009).

Sebelumnya George Junus Aditjondro dalam buku yang ditulisnya berjudul Membongkar Gurita Cikeas mengungkapkan kekhawatiran bahwa empat yayasan yang berkaitan dengan keluarga Cikeas, kediaman pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, digunakan untuk mobilisasi dana dan suara bagi SBY dalam pemilihan presiden lalu.

Djoko mengatakan, yayasan tidak akan mengajukan somasi karena yang dikemukakan Aditjondro hanyalah kekhawatiran. Yayasan memandang cukup menanggapi kekhawatiran itu dengan klarifikasi bahwa sama sekali tidak ada aliran dana dari yayasan untuk kampanye SBY.

Menurut Djoko, yayasan memang menggalang dana yang besar dari banyak pengusaha, tetapi sepenuhnya untuk keperluan sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com