Kejari Samarinda Didesak Usut Korupsi Persisam Putra

Kompas.com - 14/12/2009, 17:38 WIB
Editormade

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sekitar 500 orang berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (14/12/2009). Mereka yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Pemerhati Olahraga Samarinda itu meminta kasus korupsi di klub sepak bola Persisam Putra diusut.

Aliansi meyakini adanya penyelewengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Samarinda 2009 senilai Rp 15 miliar. Dalam pernyataan tertulis, Aliansi mempertanyakan mengapa uang sebanyak itu bisa habis cuma dalam sembilan kali bertanding (Djarum Liga Super Indonesia musim kompetisi 2009/2010).

"Kami juga meyakini ada penyimpangan kontrak pemain dan alokasi APBD tahun-tahun sebelumnya. Nilai penyimpangan untuk kontrak pemain berdasarkan data kami sekitar Rp 7 miliar," kata Koordinator Aliansi, Abdus Somad Fauzan. Aliansi menuding mantan General Manajer Persisam Putra, Aidil Fitri yang kini Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda bertanggung jawab.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Samarinda, Datuk Rosihan Anwar mengatakan, kasus itu masih dalam penyidikan. Dia berjanji mengusutnya sampai tuntas. "Kami berharap rekan-rekan Aliansi membantu mengawasi dan memberikan informasi-informasi yang diperlukan," katanya kepada pengunjuk rasa.

Aksi itu membuat separuh jalur Jalan M Yamin yang melintasi Kantor Kejari Samarinda ditutup. Lalu lintas dari utara menuju pusat Samarinda dialihkan melalui Jalan Pramuka dan Universitas Mulawarman.

Di saat bersamaan, Aidil Fitri melapor ke Kantor Kepolisian Kota Besar Samarinda. Anggota legislatif dari Partai Patriot Pancasila itu datang ditemani puluhan temannya. "Terkait demonstrasi itu, saya keberatan. Saya laporkan mereka karena mencemarkan nama baik," katanya.

Persisam Putra adalah klub sepak bola yang menjuarai Divisi Utama musim kompetisi 2008/2009. Klub ini promosi ke Djarum Liga Super Indonesia dengan diperkuat bekas pemain dari klub-klub elit yaitu Persik Kediri, Sriwijaya FC, dan Persib Bandung. Persisam Putra juga diperkuat sejumlah pemain asing dari Thailand dan Brazil.

Bertahun-tahun ini, Elang Borneo ditangani oleh Aidil Fitri. Namun, sekitar sebulan lalu, Aidil mengundurkan diri dengan alasan tidak bisa lagi bekerja akibat tekanan dari Pusamania, pendukung, dan warga Samarinda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.