Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejari Samarinda Didesak Usut Korupsi Persisam Putra

Kompas.com - 14/12/2009, 17:38 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sekitar 500 orang berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (14/12/2009). Mereka yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Pemerhati Olahraga Samarinda itu meminta kasus korupsi di klub sepak bola Persisam Putra diusut.

Aliansi meyakini adanya penyelewengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Samarinda 2009 senilai Rp 15 miliar. Dalam pernyataan tertulis, Aliansi mempertanyakan mengapa uang sebanyak itu bisa habis cuma dalam sembilan kali bertanding (Djarum Liga Super Indonesia musim kompetisi 2009/2010).

"Kami juga meyakini ada penyimpangan kontrak pemain dan alokasi APBD tahun-tahun sebelumnya. Nilai penyimpangan untuk kontrak pemain berdasarkan data kami sekitar Rp 7 miliar," kata Koordinator Aliansi, Abdus Somad Fauzan. Aliansi menuding mantan General Manajer Persisam Putra, Aidil Fitri yang kini Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda bertanggung jawab.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Samarinda, Datuk Rosihan Anwar mengatakan, kasus itu masih dalam penyidikan. Dia berjanji mengusutnya sampai tuntas. "Kami berharap rekan-rekan Aliansi membantu mengawasi dan memberikan informasi-informasi yang diperlukan," katanya kepada pengunjuk rasa.

Aksi itu membuat separuh jalur Jalan M Yamin yang melintasi Kantor Kejari Samarinda ditutup. Lalu lintas dari utara menuju pusat Samarinda dialihkan melalui Jalan Pramuka dan Universitas Mulawarman.

Di saat bersamaan, Aidil Fitri melapor ke Kantor Kepolisian Kota Besar Samarinda. Anggota legislatif dari Partai Patriot Pancasila itu datang ditemani puluhan temannya. "Terkait demonstrasi itu, saya keberatan. Saya laporkan mereka karena mencemarkan nama baik," katanya.

Persisam Putra adalah klub sepak bola yang menjuarai Divisi Utama musim kompetisi 2008/2009. Klub ini promosi ke Djarum Liga Super Indonesia dengan diperkuat bekas pemain dari klub-klub elit yaitu Persik Kediri, Sriwijaya FC, dan Persib Bandung. Persisam Putra juga diperkuat sejumlah pemain asing dari Thailand dan Brazil.

Bertahun-tahun ini, Elang Borneo ditangani oleh Aidil Fitri. Namun, sekitar sebulan lalu, Aidil mengundurkan diri dengan alasan tidak bisa lagi bekerja akibat tekanan dari Pusamania, pendukung, dan warga Samarinda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com