Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusakan di Kampung Cina Paling Parah

Kompas.com - 30/09/2009, 23:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 7,6 SR yang mengguncang Sumatera Barat sekitar pukul 17.16 WIB telah menimbulkan kehancuran luar biasa. Sejumlah bangunan, baik permukiman, gedung perkantoran maupun layanan publik, dilaporkan roboh dan rusak berat.

Salah satu daerah yang dikabarkan mengalami kerusakan terparah adalah sebuah kawasan di Kota Padang bernama Kampung Cina.

Menurut keterangan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan  Rustam Pakaya, gempa telah menghancurkan permukiman di daerah yang dikenal sebagai salah satu pusat bisnis dan tujuan wisata di Kota Padang.

"Dari laporan, daerah permukiman paling rusak yakni Kampung Cina, Padang. Kami juga menerima kabar, di Hotel Bumi Minang Padang seseorang yang sedang berdiri lantai 7 sampai terporosok ke tanah. Ada pula yang di hotel lain yang terperosok dari lantai 4. Jadi bisa Anda bayangkan kerusakannya," tutur Rustam saat dihubungi Kompas.com.

Ia menambahkan, akibat gempa dahsyat itu, ribuan orang saat ini diperkirakan masih terjebak dalam reruntuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com