Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Rasakan Gempa Susulan

Kompas.com - 30/09/2009, 22:43 WIB

 MEDAN, KOMPAS.com  - Gempa-gempa susulan dengan intensitas yang lebih kecil dari gempa utama sebesar 7,6 skala Richter (SR) masih terus dirasakan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) hingga Rabu, (30/9) malam.

 "Hingga pukul 22.00 WIB malam ini gempa-gempa susulan masih terus dirasakan di Sumbar," kata Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Hendra Suwarta, di Medan, Rabu malam.

Menurut dia, gempa-gempa susulan itu terjadi karena kedua lempengan bumi yang bertabrakan, yakni lempeng Euroasia dan Indoaustralia terus mencari posisi yang tepat.

 Oleh karena itu setelah terjadi gempa utama berkekuatan 7,6 SR, tercatat gempa susulan yang mendekati gempa utama dengan kekuatan 6,2 SR pada pukul 17:38 WIB.

 Gempa yang menguncang Sumbar untuk kedua kalinya itu terjadi di 0,72 Lintang Selatan dan 99,94 Bujur Timur dengan pusat gempa 110 kilometer di dasar laut pada 22 kilometer barat daya Pariaman.

Untuk gempa-gempa susulan, BBMKG Wilayah I Medan kesulitan memantaunya karena jauhnya jarak dan terputusnya komunikasi setelah terjadinya guncangan gempa tersebut.

"Sampai malam ini kami masih kesulitan menghubungi teman-teman BMKG di Padang, Sumbar, untuk megetahui kondisi terkini gempa," jelasnya.

Kendati demikian, BBMKG Wilayah I Medan segera mengirimkan tujuh orang personel dari kantor yang me99,65 Bujur Timur dengan kedalaman 71 km di dasar laut, 57 kilometer arah barat daya Pariaman.

Di Kota Medan dan Sidikalang, Sumut gempa dirasakan dengan intensitas I-II modified mercally intensity (MMI), kemudian Rantau Parapat, Sumut II-III MMI dan Padang, Sumbar VI-VIII MMI.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com