Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aviastar Kembali Terbangi Jayapura-Wamena

Kompas.com - 20/08/2009, 02:30 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Aviastar, akan kembali melayani angkutan penerbangan dari Jayapura menuju Wamena Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, setelah sempat terhenti selama beberapa pekan, karena ketiadaan armada pesawat.
   
"Paling lambat akhir bulan Agustus ini, pesawat kita yang saat ini berada di Jakarta, sudah tiba di Jayapura, dan akan segera melayani penerbangan," kata Perwakilan Aviastar Papua, Marcelino, di Jayapura, Kamis (20/8).
    
Ia menjelaskan, pesawat yang disiapkan tersebut adalah seri 200 buatan Inggris, dengan kapasitas muatan 10 ton untuk pesawat kargo atau barang dan 90 tempat duduk untuk pesawat penumpang. "Kalau untuk penumpang, hitungannya 90 kursi dengan berat per orang adalah 80 kilogram. Tapi kalau membawa barang, kita hitungannya demi keamanan penerbangan, hanya memuat 75 kursi  dengan barang bawaannya," terangnya.
    
Marcelino mengungkapkan, akibat adanya regulasi baru penerbangan yang hanya memperkenankan sebuah pesawat dalam penerbangannya hanya boleh membawa penumpang atau kargo, tidak bisa kombinasi keduanya, pihak Aviastar melakukan strategi penerbangan.
    
Ia menjelaskan, strategi itu adalah menjadikan pesawat tersebut sebagai pembawa kargo jika dalam penerbangan dari Jayapura ke Wamena, sementara sebaliknya penerbangan dari Wamena ke Jayapura, pesawat hanya akan membawa penumpang.
    
Ia mengatakan, semua pengguna jasa penerbangan harus memahai strategi perusahaan itu dan jangan sampai tidak terjadi adanya pemaksaan kehendak. "Kalau pesawat mau dicarter penumpang, kami akan melayani, tapi perlu waktu bagi teknisi untuk mengubah struktur dalam pesawat, dari kargo ke penumpang," ujar Marcelino.
    
Sementara menyinggung jumlah penerbangan per hari dari pesawat baru milik Aviastar tersebut, Marcelino mengatakan pesawat baru itu bisa melakukan sampai 5 kali penerbangan dalam satu hari. "Namun, semua itu juga ditentukan oleh kondisi cuaca," lanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com