Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangka Jembatan Timpah Belum Selesai Disingkirkan

Kompas.com - 13/06/2009, 09:52 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Tengah Ben Brahim di Palangkaraya, Sabtu (13/6), menuturkan, rangka jembatan di Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, yang runtuh pada April lalu, saat ini terus dievakuasi.

"Review desain juga sudah dilakukan untuk membuat revisi desain untuk pembangunan kembali. Mudah-mudahan awal 2010 nanti jembatan tersebut sudah bisa diselesaikan," kata Ben.

Ben mengatakan, bentuk jembatan tetap seperti semula, tetapi di tempat-tempat yang memikul beban tinggi akan dilakukan penguatan hubungan antarrangka baja. "Pembangunan kembali jembatan di Timpah tersebut akan menggunakan rangka baru karena rangka lama ada yang terpuntir dan juga terpotong saat dilakukan evakuasi," kata Ben.

Kendala evakuasi, kata Ben, antara lain keruhnya air dan derasnya arus Sungai Kapuas. Ben menuturkan, pembangunan kembali jembatan di Timpah merupakan tanggung jawab kontraktor. "UU Konstruksi menyatakan bahwa, apabila pada tahap pelaksanaan terjadi kegagalan, maka menjadi tanggung jawab kontraktor. Alhamdullilah, PT Agrabudi juga bertanggung jawab," kata Ben.

Ben menuturkan, hingga saat ini penyebab runtuhnya jembatan Timpah belum diketahui karena pemeriksaan mutu rangka baja masih dilakukan di Litbang PU di Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com