Jalur Ganda ke Tanjung Priok Akan Diaktifkan Kembali

Kompas.com - 11/06/2009, 19:09 WIB
Editor

Jakarta, Kompas.com - Jalur ganda kereta api (KA) menuju Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan dihidupkan kembali menyusul meningkatnya intensitas kereta yang datang dan berangkat dari stasiun ini.

Kepala Stasiun Tanjung Priok Jakarta, M Basyir, mengemukakan hal itu di Jakarta, Kamis. Sejak dioperasikan kembali April lalu, setelah sembilan tahun berhenti, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Tanjung Priok terus meningkat. Setiap hari ada lima perjalanan KA yang melayani penumpang di Sasiun Tanjung Priok. Dua perjalanan untuk jurusan Tanjung Priok - Bekasi, dua perjalanan untuk jurusan Tanjung Priok - Purwakarta, serta satu perjalan dengan kereta ekonomi Kerta Jaya untuk jurusan Jakarta - Surabaya.

Sejauh ini KA dari Tanjung Priok ke Stasiun Kemayoran dan Stasiun Kota masih menggunakan satu jalur. Dengan bertambahnya jumlah perjalanan KA di jalur itu maka rel ganda harus diaktifkan kembali.

Namun PT KA masih menghadapi kendala. Soal utama adalah adanya pemukiman liar di sekitar jalur. Basyir mengatakan, sekitar 20-25 persen jalur yang akan dibuka telah menjadi permukiman penduduk.

Stasiun Tanjung Priok diharapkan dapat mengurangi kepadatan penumpang di berbagai stasiun di Jakarta, khususnya Stasiun Gambir dan Pasar Senen. PT KA berencana,  keberangkatan sejumlah KA kelas ekonomi ke berbagai jurusan akan dialihkan ke Stasiun Tanjung Priok. "Stasiun Gambir dan Pasar Senen rencananya hanya akan digunakan untuk pemberangkatan KA kelas bisnis dan eksekutif," kata Basyir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.