Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Ganda ke Tanjung Priok Akan Diaktifkan Kembali

Kompas.com - 11/06/2009, 19:09 WIB

Jakarta, Kompas.com - Jalur ganda kereta api (KA) menuju Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan dihidupkan kembali menyusul meningkatnya intensitas kereta yang datang dan berangkat dari stasiun ini.

Kepala Stasiun Tanjung Priok Jakarta, M Basyir, mengemukakan hal itu di Jakarta, Kamis. Sejak dioperasikan kembali April lalu, setelah sembilan tahun berhenti, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Tanjung Priok terus meningkat. Setiap hari ada lima perjalanan KA yang melayani penumpang di Sasiun Tanjung Priok. Dua perjalanan untuk jurusan Tanjung Priok - Bekasi, dua perjalanan untuk jurusan Tanjung Priok - Purwakarta, serta satu perjalan dengan kereta ekonomi Kerta Jaya untuk jurusan Jakarta - Surabaya.

Sejauh ini KA dari Tanjung Priok ke Stasiun Kemayoran dan Stasiun Kota masih menggunakan satu jalur. Dengan bertambahnya jumlah perjalanan KA di jalur itu maka rel ganda harus diaktifkan kembali.

Namun PT KA masih menghadapi kendala. Soal utama adalah adanya pemukiman liar di sekitar jalur. Basyir mengatakan, sekitar 20-25 persen jalur yang akan dibuka telah menjadi permukiman penduduk.

Stasiun Tanjung Priok diharapkan dapat mengurangi kepadatan penumpang di berbagai stasiun di Jakarta, khususnya Stasiun Gambir dan Pasar Senen. PT KA berencana,  keberangkatan sejumlah KA kelas ekonomi ke berbagai jurusan akan dialihkan ke Stasiun Tanjung Priok. "Stasiun Gambir dan Pasar Senen rencananya hanya akan digunakan untuk pemberangkatan KA kelas bisnis dan eksekutif," kata Basyir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com